Studi Perencanaan Fasilitas Edukasi Pendukung Green Campus di Universitas Pancasila
Keywords:
Edukasi, Fasilitas, Green Campus, Ramah Lingkungan, Universitas PancasilaAbstract
Studi ini bertujuan untuk merencanakan fasilitas edukasi yang mendukung konsep Green Campus di Universitas Pancasila. Dalam konteks meningkatnya kesadaran akan pentingnya keberlanjutan lingkungan, kampus sebagai institusi pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab untuk menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan fasilitas edukasi yang dapat mendukung interaksi sosial mahasiswa serta pembelajaran yang berkelanjutan. Analisis dilakukan untuk menentukan ruang interaksi yang ideal bagi mahasiswa, serta bagaimana desain dan pengembangan fasilitas tersebut dapat memenuhi kriteria Green Campus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan ruang yang nyaman dan mendukung aktivitas belajar serta interaksi sosial, dengan fokus pada penggunaan teknologi ramah lingkungan dan pengelolaan sumber daya yang efisien. Kesimpulan dari studi ini menegaskan pentingnya perencanaan yang terintegrasi dalam menciptakan fasilitas edukasi di Universitas Pancasila yang tidak hanya memenuhi kebutuhan akademik tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Implementasi dari rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan civitas akademika serta mendorong praktik berkelanjutan di kampus.