STRATEGI INOVASI DESIGN DAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PT. ALBORG MULTIGUNA INTERNUSA

  • Rully Yudiapriatno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila

Abstract

 

Abstrack : The purpose of this study was to determine the design innovation and digital technology strategy to increase revenue at Alborg Multiguna Internusa Inc. This research uses quantitative and qualitative (mixed) research methods. The sampling technique used purposive sampling. Data collection using a questionnaire. The data analysis technique used Structural Equation Modeling (SEM) analysis processed with Smart PLS 3.0 for quantitative analysis, while for qualitative analysis using SWOT, IFE & EFE and QSPM. The results of quantitative research prove that digital technology, organization capability, service quality, innovation each affect corporate performance. Meanwhile, adaptive leadership not really affect to the corporate performance . As for the results of strategy analysis research through the input strategy stage with IFE, EFE, &CPM matching stage with TOWS and decision stage with QSPM, the strategy used from the QSPM results are alternative strategy of strengthen organizational capabilities and expanding network with vendors.

Keywords: Digital Technology, Organization Capability, Service Quality, Adaptive Leadership, Innovation, Corporate Performance and Strategy

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Inovasi design dan teknologi digital untuk meningkatkan pendapatan pada kinerja pada PT. Alborg Multiguna Internusa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (campuran). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan Smart PLS 3.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan SWOT, IFE & EFEdan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa teknologi digital, kapabilitas organisasi, kualitas pelayanan, berpengaruh terhadap terhadap kinerja perusahaan, sedangkan kepempimpinan adaptif tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan inovasi juga berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan IFE & EFE matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM adalah strategi alternatif memperkuat kapabilitas organisasi dan memperluas jaringan dengan vendor.

Kata Kunci : Teknologi Digital, Kapabilitas Organisasi, Kualitas Layanan, Kepemimpinan Adaptif, Inovasi, Kinerja Perusahaan, dan Strategi

Published
2023-09-07
How to Cite
Yudiapriatno, R. (2023). STRATEGI INOVASI DESIGN DAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PT. ALBORG MULTIGUNA INTERNUSA. ECOBESTHA , 2, 79-100. Retrieved from https://conference.univpancasila.ac.id/index.php/ecobestha/article/view/68