Students Resources Dan Motivational Process : Hubungan antara Boredom Proneness dan Academic Flow

Authors

  • Listyo Yuwanto Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Felicia Wongso Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Keywords:

boredom proness, flow akademik

Abstract

Karakteristik personal berperan bagi terjadinya kondisi flow. Boredom proneness merupakan salah satu karakteristik personal yang berhubungan dengan flow. Penelitian ini didasari keterbatasan literatur tentang hubungan antara boredom proneness dan flow pada konteks akademis. Subjek penelitian sebanyak 100 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan boredom proneness dan flow akademik memiliki korelasi negatif (r = -.2753, p = .003). Boredom proneness ditemukan berhubungan negatif dengan semua aspek flow akademik, yaitu dengan absorption (r = -.261, p = .004), enjoyment (r = -.197, p = .025), dan intrinsic motivation (r = -.249, p = .006). Mahasiswa dengan boredom proneness tinggi akan mudah mengalami kebosanan saat menjalani kegiatan akademik sehingga flow akademik rendah. Perlu adanya pengelolaan karakteristik mahasiswa yang memiliki boredom proneness tinggi sehingga tidak mudah mengalami kebosanan. Salah satu caranya mahasiswa meningkatkan value kegiatan akademik. Hasil penelitian didiskusikan lebih lanjut.

Downloads

Published

2025-11-03