THIWUL, TRADITIONAL FOOD AS CULINARY TOURISM IN GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA
Keywords:
Ekuitas merek, Kesadaran merek, Persepsi kualitas, Asosiasi merek, Keputusan Pembeli.Abstract
Abstrak: Thiwul adalah makanan khas Gunung Kidul, Yogyakarta. Saat ini, thiwul dikenal sebagai makanan pokok pengganti nasi telah banyak melakukan inovasi menjadi jajanan yang menarik dan enak. Thiwul kini dikenal dan dijadikan oleh-oleh khas saat wisatawan berlibur di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Thiwul makanan tradisional khas Gunung Kidul di toko oleh-oleh Thiwul Kukus, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Dalam penelitian ini berdasarkan penentuan purposive sampling ditentukan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa kesadaran merek tidak berpengaruh positif atau signifikan terhadap keputusan pembeli, persepsi kualitas tidak berpengaruh positif atau signifikan terhadap keputusan pembeli, sedangkan asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian thiwul di toko oleh-oleh Thiwul Kukus Gunung Kidul, Yogyakarta.
Katakunci : Ekuitas merek, Kesadaran merek, Persepsi kualitas, Asosiasi merek, dan Keputusan Pembeli.