Kajian Pembentukan Program Studi S1 Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
Keywords:
Positioning, Minat Calon Mahasiswa, SWOTAbstract
Terdapat 3 Universitas swasta ternama yang memiliki Program Studi S1 Bisnis, yaitu Prasetya Mulya Business School, Telkom University, dan Universitas Nusa Mandiri. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Program Studi S1 Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila menawarkan kepada masyarakat khususnya wilayah DKI Jakarta, sedangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila secara kelembagaan menyandang status Akreditasi Baik Sekali (A), yang artinya mampu bersaing dengan 3 Universitas tersebut yang sudah ada lebih dahulu. Responden penelitian terdiri dari responden siswa yang tersebar di Jabodetabek sebanyak 100 orang. Seluruh siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini selanjutnya diperinci berdasarkan aspek demografi yang terdiri dari latar belakang pendidikan, status sekolah, bidang studi, jenis kelamin, umur dan kota. Ke enam aspek tersebut dianggap mempunyai peran penting dalam menilai kelayakan pembukaan program studi baru S-1 Bisnis. Adapun hasil dari kuesioner tersebut adalah diketahui bahwa sebagian besar responden berkeinginanuntuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi setelah lulus dari SMA, SMK atau Diploma, yaitu sebesar 94.3%, responden memilih sebenyak 4.3% bekerja dan 1.4 % istirahat. Selain itu diketahui juga bahwa 68.1% responden memilih program studi Manajemen, 11.6% memilih prodi Akuntansi Sedangkan yang memilih mengambil prodi Bisnis sebanyak 5.85 sisanya memilih prodi lainnya sebanyak 14.6% responden. Visi dan Misi program studi sudah mengacu pada visi dan misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Demikian pula visi dan misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah berpedoman pada visi dan misi Universitas Pancasila. Penataan tujuan program studi dirasakan sudah cukup memadai dengan pertimbangan kondisi dan situasi kebutuhan pasar kerja. Sasaran yang ingin dicapai program studi telah mempunyai relevansi yang tepat, memadai dan rasional sehingga para lulusannya dapat berperan dalam dunia industri / pasar kerja. Sedangkan strategi dilakukan guna penyelarasan keberlanjutan Program Studi dan Fakultas di masa yang akan datang. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, maka hasil yang dapat disimpulkan yaitu posisi pasar Program Studi S1 Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila sejajar dengan Prasetya Business School dan Universitas Nusa Mandiri serta menyadari belum dapat sejajar dengan Telkom University , dikarenakan Telkom University memiliki status Akreditasi Baik Sekali dan juga unggul dalam bisnis digital, didukung oleh penguatan software maupun hardware teknologi tinggi dan terkini. Hasil Analisa SWOT dari 1). Prespektif Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, 2). Prespektif Kurikulum 3). Prespektif Dosen 4). Prespektif Sarana Prasarana 5). Prespektif Sistem Informasi Manajemen , serta strategi pengembangan yang akan dilakukan, maka Pembukaan Program Studi S1 Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila, dapat layak untuk ditawarkan kepada masyarakat, dikarenakan besarnya Peluang serta besarnya kekuatan yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila, sedangkan kelemahan dan Ancamannya cukup kecil. Ancaman dan kelemahan yang cukup kecil tersebut dapat di atasi dengan strategi yang akan dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila.
Kata kunci: Positioning. Minat Calon Mahasiswa, SWOT.