Pemasaran Digital Di dalam Manajemen Rantai Pasokan Berkelanjutan ; Suatu Tinjauan Literatur A Systematic Literature Review of Digital Marketing in Sustainable Supply Chain Management (SSCM)
Keywords:
berkelanjutan, pemasaran digital, rantai pasokan, Systematic Literature ReviewAbstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh tahap penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan protokol SLR. Dari hasil penelitian ini dapat dijawab pertanyaan penelitian (RQ 1-3). Berdasarkan hasil pengumpulan data selama periode 2010-2021dengan total artikel sebanyak 6154 artikel yang di ekstrak dari 4 Journal Index (Scopus, Google Scholar, Microsoft Academic dan Cross Refference) dan kemudian di sintesa menjadi 417 artikel yang relevan dan di verifikasi menjadi 165 artikel yang sangat relevan. Adapun journal yang banyak membahas topik penelitian ini adalah Journal Sustainability, Journal of Clean Production, Journal of Supply Chain Management, Industrial Marketing Management. Dari Jurnal tersebut artikel dibagi atas Journal Artikel 52,3%, Book Chapter (40,3%) dan sisanya Proceeding, Book, Conference Paper dan Monograph. Dari 165 artikel yang sangat relevan dan terbanyak membahas topik ini adalah Journal International of Cleaner Production, International Journal of Production Economic serta Journal Sustainability. Adapun topik penelitian yang banyak dibahas adalah masalah Sustainability, Digital Marketing dan Supply Chain Management yang bersifat kualitatif (88,2%) dan kuantitatif (11,8%). Metoda yang paling banyak dibahas adalah metoda Deskriptif (45%), Literature Review (40%), SEM (8%), AHP (2%), Exploratory Analysis (2%), AHP-Vikor (2%), Multistage Procedure dan Regresi Analysis (1%). Terdapat 11 topik/tema yang paling banyak di bahas yaitu Sustainability Supply Chain Management (35%), Supply Chain Management (29%), Environmental Management (9%), Systematic Literature Review (6%), Digital Marketing (5%), Performance (4%), Social responsibility (4%), Circular economy (2%), Corporate social responsibility (2%), Industry 4.0 (2%) dan Triple bottom line (2%). Dari data hasil penelitian di atas, dapat dilihat bahwa trend topik/tema yang paling banyak dibahas adalah topik Sustainability Supply Chain Management, Supply Chain Management, Systematic Literature Review dan Digital Marketing. Sementara peluang topik/tema penelitian yang sangat berpotensi adalah Circular Economy, TBL (Triple Bottom Line) dan Industry 4.0. Dari data di atas juga memperlihatkan bahwa Journal-Journal International yang membahas topik ini adalah Journal Sustainability, Journal of Supply Chain Management dan Journal of Industrial Marketing Management. Dari keseluruhan Journal International yang diteliti tidak terdapat satu topik/tema/judul yang mengkaitkan antara Sustainability, Digital Marketing dan Supply Chain Management sebagai satu kesatuan. Kebanyakan penelitian hanya melakukan secara terpisah. Hal ini merupakan tantangan dan peluang untuk penelitian masa depan. Penelitian SLR ini merupakan penelitian yang mengkaji dan mereviuw dari seluruh artikel dari Journal Index (Scopus, Google Scholar, Microsoft Academic dan Cross Reference) yang berjumlah 6154 artikel. Berdasarkan 4 RQ (Research Questions) yang diajukan, maka RQ1 terkait trend dan tema penelitian sudah dapat dijawab, RQ2 terkait Journal International yang terbanyak membahas topik penelitian ini juga sudah di jabarkan serta RQ3 terkait peranan pemasaran digital di dalam rantai pasokan berkelanjutan berdasarkan 165 jurnal artikel yang di teliti, belum ada satupun jurnal artikel yang membahas secara spesifik keterkaitan dan hubungan yang terintegrasi antara variable Sustainability, Digital Marketing dan Supply Chain Management. Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi peneliti berikutnya.
Kata Kunci: berkelanjutan, pemasaran digital, rantai pasokan, Systematic Literature Review.