PENGARUH HARGA, GAYA HIDUP, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE IPHONE (Studi Kasus Mahasiswa FEB Universitas Pancasila)

Authors

  • Tazkia Melania Putri Maryono Universitas pancasila
  • Ateniyanti Universitas Pancasila
  • Tyahya Whisnu Hendratni Universitas Pancasila

Keywords:

Harga, Gaya Hidup, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Kemajuan teknologi di Indonesia berkembang pesat, terutama dalam komunikasi. Smartphone, termasuk iPhone, kini mempermudah tugas akademis dan menyimpan informasi, meningkatkan kreativitas mahasiswa. Hal ini ditandai dengan perubahan teknologi komunikasi yang cukup signifikan dari setiap generasi, dengan harga, gaya hidup, serta rekomendasi mulut ke mulut di kampus memengaruhi pilihan mereka, menjadikan smartphone kebutuhan produktivitas dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, gaya hidup, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian handphone iPhone. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel yang didapat dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, gaya hidup, dan word of mouth berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Harga, Gaya Hidup, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2024-09-29

Issue

Section

Articles